Kamis, 30 Desember 2010

Etika bisnis : pada pasar oligopoly

Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Merupakan salah satu bentuk monopoli tetapi berbeda sifat dimana dalam oligopoli, kolusi terjadi antara pengusaha satu dengan pengusaha lain.
Pasar hanya dikuasai oleh beberapa kelompok pengusaha ada kesepakatan antar pengusaha untuk mengalahkan atau mendikte pasar (konsumen). Ex : Melakukan permainan harga
¤  Price- fixing, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan2 oligopolitis sepakat untuk menetapkan harga lebih tinggi dan memaksa konsumen untuk menerima harga tersebut.
¤  Manipulasi penawaran, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan2 oligopolitis sepakat untuk menunda proses produksi atau menghentikan penawaran untuk kurun waktu tertentu sehingga terjadi kelangkaan barang di pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli
Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Dampak negatif oligopi terhadap perekonomian:
  • Keuntungan yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  • Timbul inifisiensi produksi
  • Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
  • Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
  • Kebijakan pemerintah dalam mengatasi oligopoli
  • Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
  • Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen.

HAMBATAN MEMASUKI PASAR OLIGOPOLI
Skala ekonomi merupakan salah satu hambatan produsen baru masuk pasar dimana makin rendah biaya per unit produksi sehingga harga jual bisa semakin rendah.Jika terdapat permintaan tambahan mereka mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk merebut penambahan tersebut sehingga mereka semakin menguasai pasar. Biaya produksi yang berbeda juga merupakan hambatan memasuki pasar oligopli karena jumlah output yang berbeda,biayapun bisa berbeda pada tingkat output yang sama.pengetahuan lawan produsen yang lebih dalam akan bidang tersebut.Pekerja lebih berpengalaman dalam menjalankan produksi.Akses dana dan bahan baku dan jaringan perdagangan lebih mudah. Keistimewaan hasil produksi juga merupakan hambatan memasuki biaya produksi,ini terjadi karena terkenalnya suatu produk(terpercaya),produknya rumit(komplek),menghasilkan banyak produk yang sejenis

                        www:pasar oligopoli/wikipedia/ekonomi/php-txt/4n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar